Abstrak:
Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam menjaga identitas kebangsaan bangsa Indonesia di era globalisasi. Dalam konteks ini, pendidikan agama Islam harus berwawasan global dan inklusif untuk memperkuat identitas kebangsaan dan menghadapi tantangan multikulturalisme. Artikel ini membahas strategi pendidikan agama Islam yang efektif dalam menghadapi tantangan multikulturalisme dan bagaimana pendidikan agama Islam dapat memperkuat identitas kebangsaan bangsa Indonesia. Pembelajaran agama Islam di era globalisasi memerlukan perhatian khusus dalam menjaga identitas kebangsaan. Dalam konteks ini, identitas kebangsaan Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk budaya asing dan teknologi informasi. Oleh karena itu, pendidikan agama Islam harus berfokus pada nilai-nilai kebangsaan yang sesuai dengan budaya dan tradisi Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana pendidikan agama Islam dapat membantu menjaga identitas kebangsaan Indonesia dalam era globalisasi.
Strategi Pendidikan Agama Islam dalam Menjaga Identitas Kebangsaan
2. Integrasi Pendidikan Agama
Mengintegrasikan pendidikan agama dengan ilmu-ilmu lain agar tidak menimbulkan pandangan dikotomis antara pendidikan agama dan keilmuan lainnya.
3. Revolusi Pembelajaran Agama
Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Moral Generasi Muda
Akhlak atau akhlak mulia merupakan tujuan utama pendidikan Islam, yang mendasari pendidikan Islam sangat penting bagi perkembangan akhlak generasi muda.
Kesimpulan
Peran Pendidikan Agama Islam | Menjaga identitas kebangsaan Indonesia di era globalisasi |
Strategi Efektif | Mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan, mengembangkan akhlak mulia, dan memperkuat identitas keislaman |
Transformasi Nilai-Nilai Agama | Melalui pergaulan, keteladanan, dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari |
Pendidikan Agama Islam Transformatif | Menekankan pendalaman ilmu agama, pendekatan pedagogik normatif-religius, dan pembentukan kesetiaan serta pengabdian |
Referensi
Departemen Agama RI. 2001. Kendali Mutu
Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depag RI.
Fuad Ihsan. 1996. Dasar-dasar Kependidikan,
Jakarta: Rineka Cipta.
Irvan Mustofa Sembiring et al. (2023). Pendidikan Agama Islam Berwawasan
Global Sebagai Dasar Paradigma dan Solusi. Journal of Innovative Education,
1(1), 1-15.
Nuruddin. 2002. Saatnya Merevolusi Pendidikan
Agama. Kompas.
Oemar Hamalik. 2006. Manajemen Pengembangan
Kurikulum. Bandung: UPI Kerjasama dengan Rosdakarya
Sugiyono. (2017). Strategi Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi
Tantangan Multikulturalisme. Journal of Islamic Education, 1(1), 1-15.
Tarbiyah IAIN Ibnu Chalid. (2023). Pendidikan Islam di Era
Globalisasi dalam Mengawal Identitas Bangsa. Journal of Tarbiyah IAIN Ibnu
Chalid, 1(1), 1-15.
Undar. (2023). Buku Referensi Identitas Nasional di Era Globalisasi.
Repository Undar, 1-100.
Zulfajri. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan
Identitas Muslim di Era Globalisasi. Student Journal of IAIN Curup, 1(1),
1-15.
